• Jl. Gading Kirana Timur A11 No.2 Kelapa Gading - Jakarta Utara - Indonesia
  • JKT (021) 452 6303 - SBY (031) 5925434 - SMRG (024) 3541746
  • ekawalet@yahoo.com

Untuk Meningkatkan Produksi Sarang Burung, Apakah Yang Perlu Diperhatikan..??

Rabu, 14 April 2021 | Admin | 215

Peningkatan produksi sarang burung ada kaitan yang erat dengan perkembangan populasinya, karena itu yang perlu diperhatikan..

Memperhatikan kondisi gedung agar tetap sesuai dengan microhabitat ideal bagi walet, sifat dalam membuat sarang, regenerasinya, makanannya, ketenangan lingkungan, pemberantasan hama / pengganggu dll. dengan demikian yang sebaiknya diperhatikan..

A. Melakukan usaha peningkatan populasi walet. bila populasi naik, maka jumlah sarangpun akan naik, sesuai dengan munculnya " pasangan walet baru " yang akan meningkatkan jumlah sarang rumah walet.

B. Memperbanyak jalur jalur kayu tempat walet bersarang, sehingga daya tampung rumah walet akan lebih berlipat ganda, mengimbangi penambahan populasi burung walet.

C. Mempertahankan kondisi ruangan agar tetap sesuai dengan mikrohabitat walet, sehingga walet tetap krasan dan tidak kabur, baik walet yang "lama" maupun "walet baru" dari hasil program pengembangan populasi.

D. Usaha penambahan Extra Fooding (Swiftlet Food Powder) untuk membantu walet memperoleh makanan, terutama pada musim kemarau, sekaligus untuk mendorong walet agar tetap krasan dan tidak kabur.

E. Pengawasan dan pemberansan hama / musuh walet, agar penambahan populasi walet berjalan lancar dan dapat menghasilkan sarang dengan kwalitas yang baik. Musuh / hama walet dapat membunuh walet - walet dewasa. remaja atau anakan, disamping ada pula yang merusak dan mencemari sarang burung walet.

Sumber : Masalah Budidaya Burung Walet (Tanya Jawab)

Info lebih Lanjut :

EKAWALET CENTER : 0818-292-538

Bagikan :

BERITA TERPOPULER