• Jl. Gading Kirana Timur A11 No.2 Kelapa Gading - Jakarta Utara - Indonesia
  • JKT (021) 452 6303 - SBY (031) 5925434 - SMRG (024) 3541746
  • ekawalet@yahoo.com

Kenyamanan Dalam Rumah Burung.!

Jumat, 05 Februari 2021 | Admin | 2995

Kenyamanan atau ketenangan dalam rumah burung yang baru dibangun harus benar - benar terjaga. 

Kenyamanan ini, antara lain :

-. Kondisi udara yang stabil pada posisi ideal

-. Bebas dari gangguan predator

Kondisi udara yang tidak stabil dalam rumah baru, menyebabkan burung yang sudah terpancing dan mau tinggal beberapa hari didalamnya bisa kabur dan mau tinggal beberapa hari di dalamnya bisa kabur kembali.

Banyak kasus ini terjadi antara lain :

A. Karena udara lebih, sehingga udara yang semula ideal, tiba - tiba berubah menjadi terlalu dingin, terlalu panas, terlalu kering dan lain - lain. Kadangkala yang suhunya sudah ideal, tiba - tiba hujan turun terjadi kebocoran yang menbasahi sirip - sirip tempelan sarang. Burung merasa tidak nyaman dan keesokan harinya kabur mencari penguhiaan lain. Kasus kebocoran semacam ini sering terlihat pada rumah baru dengan plafon beton yang tidak sempurna pembuatannya. Sedang gangguan udara yang labil, dimana pengelolaan "pengendalian kondisi udara yang kurang efektif", biasanya terjadi pada kawasan "tandus, tanpa atau kurang dipengaruhi angin laut."

B. Kenyamanan yang lain  adalah tidak terganggunya oleh predator, Seperti : tikus, kecoa, ular dan lain - lain yang biasa terdapat dalam rumah "kosong dan lembab". Gangguan - gangguan ini biasanya pada malam hari. Sedangkan kenyamanan jalur terbang bisa terganggu karena banyaknya sarang laba - laba. Pada rumah baru sering kali pemancinan burung walet / seriti untuk menghuninya menjadi gagal hanya karena "banyaknya sarang laba - laba" yang menganggu jalur burung terbang. 

Dengan memberikan kenyamanan pada burung walet / seriti yang maksimal, maka suaru rumah baru bisa lebih cepat dihuni burung yang terpancing. Karena ini faktor kenyamanan dalam rumah walet / seriti tidak boleh di kesampingkan.

Untuk Kebutuhan Budidaya Burung Walet :

Hub : 081 82 92538

Klik disini : EKAWALETCENTER

Bagikan :

BERITA TERPOPULER