• Jl. Gading Kirana Timur A11 No.2 Kelapa Gading - Jakarta Utara - Indonesia
  • JKT (021) 452 6303 - SBY (031) 5925434 - SMRG (024) 3541746
  • ekawalet@yahoo.com

Sarana Pasca Panen Sarang

Selasa, 27 Oktober 2020 | Admin | 558

Pencucian sarang merupakan bagian dari rantai bisnis walet. Umumnya orang yang berbisnis mencuci sarang walet juga merupakan seorang eksport ke Cina (Hongkong), Singapura, Malaysia, dll. Eksportir membeli bahanbaku serupa sarang yang baru dipanen dan sarang yang telah dicuci. Sarang yang telah dicuci harganya cukup tinggi karena telah bersih dari kotoran yang melekat dan siap dikonsumsi. Dalam proses pencucian, sarang tidak hanya dibersihkan, tetapi juga dicetak sehingga bentuknya sempurna. sarang yang telah dicuci siap untuk dikonsumsi dan bila disimpan akan tahan lama serta tidak berubah warna.

Bisnis cuci sarang ini cukup menjanjikan keuntungan  walaupun tidak jarang ada yang merugi karenanya. Jenis sarang yang dijual terdiri dari sarang walet rumah, sarang walet gua, dan sarang seriti. Sarang yang baru dipetik biasanya masih kotor oleh pecahan telur, bulu burung yang menempel serta kotoran yang berasal dari hama pengganggu. Setiap jenis sarang tersebut memiliki perlakuan yang berbeda dalam pencuciannya. Hal ini dikarenakan perbedaan kondisi sarang seperti warna, kebersihan, kekenyalan, bentuk, limbah yang terbuang dan bau.

Peralatan yang digunakan juga tidak istimewa, antara lain pinset, super 77, nestfix, superwhite, jepitan sarang atau sikat gigi berbulu lunak, pencetak sarang.

Bagikan :

BERITA TERPOPULER