• Jl. Gading Kirana Timur A11 No.2 Kelapa Gading - Jakarta Utara - Indonesia
  • JKT (021) 452 6303 - SBY (031) 5925434 - SMRG (024) 3541746
  • ekawalet@yahoo.com

Sarang Imitasi HN

Sabtu, 08 Agustus 2020 | Admin | 359

Penggunaan sarang dari plastik lebih aman karena mudah dibersihkan, tahan lama, dan antijamur. Sarang tiruan yang baik berukuran 3 atau 4 jari, berwarna putih, dan lentur. Hightgrade Nest (HN) merupakan sarang plastik yang di bentuk dengan ukuran pas untuk walet, memiliki ujung bergelombang agar burung dapat hinggap dengan mudah, serta memiliki aroma yang disukai burung. Terdapat pula lubang di ujung kakinya untuk memasangnya dengan paku. Hati - hati penggunaan lem yang berbau menyengat.

Sarang tiruan umumnya digunakan saat memanen sarang, yaitu untuk mengganti sarang yang dipanen. Sebenarnya tindakan ini cukup riskan, karena dapat membuat burung stres. Bila sarang tiruan digunakan untuk mengganti sarang asli yang telah ada telurnya, peluang keinginan walet mengeram disarang tiruan diperkirakan 50%. Peluang akan lebih besar bila sarang diganti yang telah ada piyiknya karena suara piyik akan mudah dikenali oleh induknya (dibanding dalam kondisi telur). Meskipun demikian bila jumlah sarang walet masih sedikit, sebaiknya cara ini dihindari. Untuk pengembangan, lebih baik sarang dipanen setelah anak walet dapat terbang.

Sarang Imitasi HN sebenarnya juga dapat digunakan untuk pemancingan. Dengan memasang sarang tiruan maka seolah - olah di dalam rumah burung walet terlihat terisi sehingga burung tidak merasa takut untuk menetap. Hal ini ikut membantu fungsi suara walet dihidupkan sehingga seolah - olah sesuai dengan populasi yang dihasilkan suara. 

Bagikan :

BERITA TERPOPULER