• Jl. Gading Kirana Timur A11 No.2 Kelapa Gading - Jakarta Utara - Indonesia
  • JKT (021) 452 6303 - SBY (031) 5925434 - SMRG (024) 3541746
  • ekawalet@yahoo.com

Sarang Burung Walet

Senin, 20 Juli 2020 | Admin | 95

Produksi air liur di tentukan oleh makanan yang tersedia. Bila makanan berlimpah maka tubuh akan merangsang kelenjar air liur untuk berproduksi lebih aktif, sekaligus merangsang alat - alat reproduksi (perkembangbiakan-nya) untuk kawin dan bertelur. Bila persediaan makanan yang ada pada alam terbatas, maka produksi air liur burung burung walet akan sedikit pula.

Pada musim hujan produksi air liur burung naik sebab banyak serangga yang dapat di peroleh. Bila habitat macro pendukung dengan makanan berlimpah, walet akan membuat sarang lebih cepat, lebih cepat bertelur, karena secara alami waktu musim hujan adalah yang tepat untuk berkembang biak.

Dalam Budidaya burung walet, pembiakan harus dilakukan pada awal musim hujan dan tidak pada musim lain, dimana maknan sulit di dapat. makanan yang ada pada alam mengatur kapan burung walet cepat bertelur, bersarang dll. Burung Walet dapat memproduksi sampai berumur 5 tahun atau 20 kali membuat sarangnya, di perhitungkan satahun 4 kali sarang di panen.

Panen dapat dilakukan sebanyak 3 atau 4 kali setahun, salah satu diantara panen - panen tersebut (tiap tahun) harus di laksanakan panen penetasan untuk memberi kesempatan pada burung walet ber-regenerasi dan penambahan populasi walet dalam gedung tersebut, maka hasil panen sarang burung akan kian merosot pada periode - periode panen berikutnnya. Panen itu sendiri harus dilakukan dengan baik, jangan sampai burung walet stres, merasa terganggu kehidupannya (dalam gedung tersebut), yang dapat menyebabkan burung - burung tersebut pergi dari rumah walet.

Pengambilan sarang burung walet tidak boleh secara bersih sekali, tetapi minimal ada bagian sarang yang ditinggalkan tetap melekat di kayu, dibiarkan sebagai fondasi dari sarang yang akan segera dibuat kembali.

 

Sarang Imitasi HN Berfungsi untuk membantu burung walet untuk membuat sarangnya sendiri, dan juga dapat hasil panen sarang yang bagus setelah telur burung walet menetas, ambil sarang ganti dengan imitasi sebagai sarang pengganti. Sarang Imitasi HN berasal dari bahan yang berkualitas dan juga telah di beri bau perangsang yang sangat disukai oleh burung walet.

 

Kegunaan Sarang Imitasi HN :

Untuk bangunan baru sarang imitasi hn berfungsi sebagai sarang pancingan di pasang secara acak. Untuk bangunan yang sudah banyak sarang waletnnya bisa di jadikan sebagai sarang pengganti, misalnya saat sarang mau panen dan ada anak, sarang tetap bisa di ambil; anak walet ditaruh di sarang imitasi, jadi sarang yang di panen bagus tidak tebal (biasa disebut sarang BA Pao)

Bagikan :

BERITA TERPOPULER