• Jl. Gading Kirana Timur A11 No.2 Kelapa Gading - Jakarta Utara - Indonesia
  • JKT (021) 452 6303 - SBY (031) 5925434 - SMRG (024) 3541746
  • ekawalet@yahoo.com

HAMA atau MUSUH BURUNG WALET

Senin, 20 Juli 2020 | Admin | 89

Macam- Macam Hama

Yang Mengganggu Burung Walet

 

1. Kelelawar

    Kelelawar sangat mengganggu untuk keberlangsungan hidup si burung walet, sebab kelelawar sangat merugikan untuk populasi burung walet, kerugian yang terjadi ketika kelelawar ada di rumah burung walet : 

- Kelelawar memakan telur burung walet

- Kelelawar mencemari sarang burung walet sehingga kwalitasnya menjadi merosot.

- Kotoran kelelawar dapat membuat burung walet tidak nyaman dan sehingga burung walet kabur.

 

 

 

Cara Memberantas Kelelawar dari Rumah Burung Walet 

-  Pada siang hari sewaktu burung-burung walet keluar dari gedung untuk mencari makan, kelelawar justru ada di dalam gedung, tutup lubang keluar masuknya burung dan ketika itu mulai lah untuk membasmi kelelawar, menutup lubang cukup menggunakan jaring sata.

- Kelelawar di tembak dengan menggunakan senapan angin atau cis ( semacam tombak kecil atau kawat ).

Tempat dimana kelelawar bersembunyi (bergantung) agar di bersihkan kemudian labur dengan bubuk arang. bubuk arang menyerap bau kelelawar. Dengan hilangnya bau kelelawar akan mengurangi kelelawar lain untuk menerobos masuk dalam gedung walet.

- Setelah kelelawar di basmi untuk mencegah kelelawar yang lain masuk lubang keluar masuk nya burung walet di perkecil sesuai ukuran idealnya, sehingga hanya burung walet saja yang mudah melewati lubang itu.

 

2. Kutu Busuk

    Kutu Busuk membuat kwalitas pada sarang burung walet merosot (bau & warna) serta dapat membuat anak walet maupun walet yang telah dewasa terserang anemi (kekurangan dara). Dalam penetasan dapat membuat burung walet gelisah ketika waktu mengeram sehingga perkembangan telur tetas bisa terganggu. Anak walet yang menetas akan mati karena dihisap darahnya oleh kutu busuk dengan jumlah yang banyak, atau anak walet yang menetas tumbuh menjadi dewasa dan bisa terbang dan tidak akan kembali ke saran itu lagi.

 

Cara Memberantas Kutu Busuk

Dapat di semprot dengan racun serangga (Rakepin atau Arketrin), tetapi jangan sampai terkena anak walet yang ada di dalam sarang, harus hati hati sebab anak walet bisa mati. Kutu busuk yang ada pada sela-sela kayu dapat langsung di semprot. Penyemprotan pada waktu siang hari atau sarang di panen (rampasan atau buang telur) selanjutnya baru dilakukan penyemprotan.

 

 

 

 

 

 

 

3. Tokek

    Tokek dan cicak menjadi salah satu halangan bagi burung walet untuk menghasilkan sarang yang berkualitas. Karena kotoran tokek atau cicak membuat ruangan (rumah burung walet) menjadi tercemar sehingga burung walet tidak betah atau tidak nyaman di dalam rumah walet itu sendiri. Tak hanya itu saja, sangat berkemungkinan besar tokek memakan telur burung walet, ia akan mengeluarkan kulitnya ke lantai akan mengotori area burung walet. Kotoran walet tersebut dapat merubah suhu yang ada di dalam rumah walet tersebut.

Cara Memberantas Tokek

Dapat menggunakan umpan tikus tokek, yang mampu membasmi tikus atau tokek secara cepat, karena umpan ini sangat efectif dalam pembasmian tikus atau tokek, hanya dengan cara menaruhkan umpan tikus tokek ke sebuah wadah lalu tokek atau tikus akan datang untuk memakannya setelah memakanan umpan, tikus dan tokek akan segera mati.

 

 

 


 

 

 

 

 

 

4. Kecoa

    Kecoa adalah hama  yang dapat membuat sarang burung walet menjadi cacat, bolong dan tidak sempurna. Ini sangat merugikan dan juga membuat harga dari sarangb burung walet menjadi merosot dari harga normal.

Cara memberantas Kecoa

Cara bekerja racun ini melalui pengumpanan dan penularan sehingga secara efektif dapat mencapai sarang kecoa/semut dan tidak memerlukan alat bantu lain seperti semprotan. Sangat efektif untuk memberantas hama Kecoa.

 

 

 

 

 

 




 

Bagikan :

BERITA TERPOPULER